Sabtu, 13 September 2014

konektor dan spesifiksinya

hai gaes..
kuliah pedana disemester lima (5) minggu minggu ke 2 udah dpt tgas.. tgasnya cari jenis konektor dan spesifikasinya, konfigurasi speaker, dan jenis microphone dan konektornya. semoga bermanfat gaes :)



1.    Konektor dan spesifikasinya

A.    D-Subminiature
D-miniatur atau

D-sub adalah jenis umum dari konektor listrik. Mereka diberi nama untuk karakteristik logam perisai D berbentuk mereka. Ketika mereka diperkenalkan, D-subs di antara konektor terkecil digunakan pada sistem komputer
Keterangan, nomenklatur, dan varian

DA, DB, DC, DD, dan DE berukuran konektor
Konektor DB13W3 dengan tiga koneksi coaxial dan sepuluh pin biasa
A D-sub mengandung dua atau lebih baris paralel pin atau soket biasanya dikelilingi oleh logam perisai D berbentuk yang menyediakan dukungan mekanik, memastikan orientasi yang benar, dan dapat menyaring terhadap interferensi elektromagnetik. Bagian yang mengandung pin kontak disebut konektor laki-laki atau steker, sedangkan yang mengandung soket kontak disebut konektor perempuan atau socket. Perisai Soket ini cocok erat di dalam perisai plug ini. Konektor panel mount biasanya telah ulir mur yang menerima sekrup di ujung kabel konektor penutup yang digunakan untuk mengunci konektor bersama-sama dan menawarkan bantuan strain mekanik. Kadang kacang dapat ditemukan pada konektor kabel akhir jika diharapkan untuk menyambung ke ujung kabel yang lain (lihat pria DE-9 dalam foto). Ketika kabel disaring digunakan, perisai yang terhubung ke layar keseluruhan kabel. Hal ini menciptakan layar elektrik terus menerus meliputi seluruh kabel dan konektor sistem.

D-sub seri konektor diciptakan oleh ITT Cannon, bagian dari ITT Corporation, pada 1952 [1] sistem bagian-penomoran Cannon menggunakan D sebagai awalan untuk seluruh seri, diikuti oleh salah satu A, B, C, D , atau E yang menunjukkan ukuran shell, diikuti dengan jumlah pin atau soket, diikuti dengan baik P (plug) atau S (socket) yang menunjukkan jenis kelamin bagian. Setiap ukuran shell biasanya (lihat di bawah untuk pengecualian) sesuai dengan sejumlah pin atau soket: A dengan 15, B dengan 25, C dengan 37, D dengan 50, dan E dengan 9. [2] Sebagai contoh, DB-25 menunjukkan sebuah D-sub dengan ukuran shell 25-posisi dan konfigurasi kontak 25-posisi. Kontak di kedua deretan konektor ini spasi 326/3000 inci terpisah, atau sekitar 0,109 inci (2,77 mm), dan baris spasi 0.112 inci (2.84 mm) terpisah (pin dalam dua baris yang diimbangi dengan setengah jarak antara kontak yang berdekatan berturut-turut). [3] jarak ini disebut normal Density. Akhiran M dan F (untuk pria dan wanita) kadang-kadang digunakan sebagai pengganti P asli dan S untuk Plug dan Socket.
Kemudian D-sub konektor untuk ukuran shell asli menambahkan pin tambahan, dan nama-nama mereka mengikuti pola yang sama. Sebagai contoh, DE-15, biasanya ditemukan pada kabel VGA, memiliki 15 pin di tiga baris, semua dikelilingi oleh shell size. Pin berjarak pada 0.090 inci (2,3 mm) horizontal dan 0.078 inci (2,0 mm) vertikal, [3] dalam apa yang disebut kepadatan tinggi. Konektor lain dengan sama pin jarak adalah DA-26, DB-44, DC-62, DD-78 dan DD-104. Mereka semua memiliki tiga baris pin, kecuali DD-78, yang memiliki empat, dan DD-104 yang memiliki lima. DD-104 menggunakan shell baru bernama F. "kepadatan ganda" seri D-sub konektor fitur pengaturan bahkan lebih padat dan terdiri dari DE-19, DA-31, DB-52, DC-79, dan DD-100. Masing-masing ini memiliki tiga baris pin, kecuali DD-100, yang memiliki empat.
Namun, pola penamaan ini tidak selalu diikuti. Karena komputer pribadi pertama kali digunakan DB-25 konektor untuk port serial dan paralel mereka, ketika port serial PC mulai menggunakan 9-pin konektor, mereka sering dicap sebagai DB-9 bukan DE-9 konektor, karena ketidaktahuan dari fakta bahwa B mewakili ukuran shell. Sekarang umum untuk melihat DE-9 konektor dijual sebagai DB-9 konektor. DB-9 hampir selalu mengacu pada konektor 9-pin dengan shell size. The non-standar 23-pin D-sub konektor untuk drive floppy eksternal dan output video pada sebagian besar komputer Amiga biasanya berlabel DB-23, meskipun ukuran shell mereka dua pin kecil dari soket DB biasa.

Mencerminkan kebingungan yang sama dari huruf DB dengan hanya D seperti yang disebutkan di atas, konektor kepadatan tinggi juga sering disebut DB-15HD (atau bahkan DB-15 atau HD-15), DB-26HD, DB-44HD, DB-62HD, dan konektor DB-78HD, masing-masing, di mana HD singkatan dari "kepadatan tinggi".

Cannon juga memproduksi "combo" D-subs dengan kontak yang lebih besar di tempat dari beberapa kontak normal yang dapat digunakan untuk arus tinggi, tegangan tinggi, atau co-axial sisipan. DB-13W3 varian umumnya digunakan untuk koneksi video kinerja tinggi; varian ini tersedia 10 regular (# 20) pin ditambah tiga kontak koaksial untuk sinyal video merah, hijau, dan biru. Combo D-subs saat ini sedang diproduksi dalam berbagai konfigurasi oleh perusahaan lain, termasuk Amphenol, Conec, Teledyne Reynolds, Assmann Elektronik, Norcomp, Positronic, [20] Cinch, 3M, dan Tyco. Beberapa varian memiliki peringkat saat ini hingga 40 A atau tegangan operasi setinggi 13,500 V; lain yang tahan air dan memenuhi standar IP67.
Cannon juga memproduksi "combo" D-subs dengan kontak yang lebih besar di tempat dari beberapa kontak normal yang dapat digunakan untuk arus tinggi, tegangan tinggi, atau co-axial sisipan. DB-13W3 varian umumnya digunakan untuk koneksi video kinerja tinggi; varian ini tersedia 10 regular (# 20) pin ditambah tiga kontak koaksial untuk sinyal video merah, hijau, dan biru. Combo D-subs saat ini sedang diproduksi dalam berbagai konfigurasi oleh perusahaan lain, termasuk Amphenol, Conec, Teledyne Reynolds, Assmann Elektronik, Norcomp, Positronic, [20] Cinch, 3M, dan Tyco. Beberapa varian memiliki peringkat saat ini hingga 40 A atau tegangan operasi setinggi 13,500 V; lain yang tahan air dan memenuhi standar IP67.

Sebuah jenis yang lebih kecil dari konektor yang berasal dari D-sub disebut microminiature D, atau mikro-D, yang merupakan merek dagang dari ITT Cannon. Ini adalah sekitar setengah panjang dari D-sub.

Masih ada keluarga lain yang serupa konektor yang mudah bingung dengan keluarga D-sub. Konektor ini memiliki nama seperti HD-50 dan HD-68, dan memiliki cangkang D berbentuk yang sekitar setengah lebar DB25 a. Mereka umum di lampiran SCSI.

D-sub konektor asli sekarang didefinisikan oleh standar internasional, IEC 60807-3 / DIN 41652. Militer Amerika Serikat juga mempertahankan spesifikasi lain untuk konektor D-miniatur, MIL-DTL-24308 standar [3].
B.    Euroblock
Euroblock, singkatan dari "bergaya Eropa terminal blok", [1] adalah tegangan rendah disconnectable (atau plugable) konektor dan kombinasi blok terminal yang biasa digunakan untuk sinyal tingkat-audio yang microphone- dan garis, dan sinyal kontrol seperti RS 232 atau RS-485. Hal ini juga dikenal sebagai konektor Phoenix dari salah satu produsen, Phoenix Contact, sebuah perusahaan Jerman yang operasi AS yang didirikan pada tahun 1981 di Harrisburg, Pennsylvania; meskipun ada banyak produsen yang membuat produk yang kompatibel. [1] Hal ini juga dikenal sebagai "pluggable terminal blok" atau "dua bagian terminal blok". [2] [3] Euroblock adalah konektor solder yang menggunakan terminal sekrup untuk penjepit menghubungkan kabel. Setelah kabel dipasang, seluruh perakitan dipasang ke soket yang cocok di perangkat elektronik. Euroblocks lebih mudah daripada strip terminal mereka mengganti sebagai kabel sinyal dapat dengan cepat terputus dari atau terhubung ke perangkat elektronik, daripada unscrewing dan re-meniduri setiap kawat individual. [1]
C.    DIN / Mini – DIN
Konektor mini-DIN merupakan salah satu konektor elektronik berbentuk pin yang digunakan dalam berbagai aplikasi. Mini-DIN sama dengan konektor DIN yang lebih besar dan lama dipakai. Keduanya merupakan hasil temuan Deutsches Institut für Normung, lembaga berstandar di Jerman.
Konektor mini-DIN berdiameter 9.5 mm dan terdapat dalam tujuh macam, dari tiga hingga sembilan pin. Setiap macam dibuat sedemikan rupa agar steker yang satu macam tidak dapat disamakan dengan stop kontak berjenis lain. Aspek penting yang memastikan setiap satu dari tujuh konektor mini-DIN dijadikan standar resmi adalah ketujuhnya berlainan sekali satu sama lain, tanpa apapun kejadian dari pertindihan serentak langsung dari segei (1) susun atur pin, (2) ukuran dan kedudukan kunci benam, (3) takuk kambi logam pelindung bulat dan penambahan berlogam - berbeza dari penyambung mini-DIN bukan piawai yang mungkin mengalami pertindahan sifat bertindan secara langsung dengan satu sama lain atau dengan penyambung mini-DIN yang piawai.

3-pin



•    Apple LocalTalk Network
•    VESA Stereoscopic shutter sync (diagram)
•    SGI StereoView (diagram)
•    Behringer Mixer Power Supplies


4-pin


mini-DIN 4 pin untuk S-Video

•    Apple Desktop Bus (Pinout diagram)
•    S-Video (Pinout diagram)
•    Thomson SpeedTouch 605 Console Serial Port / DSL Router (diagram)
•    Bekalan kuasa bervoltan rendah seperti Seagate Pushbutton External Drive Power Supply

5-pin




•    Penyambung input bekalan kuasa bervoltan rendah pada pelbagai kelengkapan
•    Antara muka kawalan kamera video SONY LANC(Diagram)
•    Penyambung input/output 5-pin MIDI yang digunakan oleh Creative Technology Sound Blaster X-Fi Front I/O Panel dan Creative LivedriveII (diagram)
•    Altec Lansing ACS 45 (2.1)

6-pin



Port sambungan PS/2 berkod warna (ungu untuk papan kekunci, hijau untuk tetikus)

•    Penyambung papan kekunci/tetikus PS/2 serasi IBM PC Penyambung papan kekunci/tetikus PS/2
•    Antara muka moden-radio TNC radio amatur
•    Output DC bekalan kuasa untuk sebilangan peranti elektronik
•    Papan kekunci Acorn Archimedes
•    Sistem audio 2.1 saluran Klipsch (2 speaker/1 subwufer)
•    Kad Leadtek dan VisionTek GeForce2 Ti sebagai TV-out
•    Sambungan ruas ke pendikit Saitek x52 Flight
•    Sambungan Creative Cambridge SoundWorks Ps 2000 Digital dari wufer ke volum utama
•    Output kawalan perantaraan pada sesetengah paparan LED matriks bintik Ferrograph (papan operasi pusat hubungan)
•    Semua set kepala Chatterbox
•    Port DATA Yaesu FT-450 (view of rear panel, 6-pin DATA port on far left)

7-pin



•    Commodore Plus/4
•    Penyambung bersiri iRobot Roomba
•    Altec Lansing ATP3
•    Skrin penyandar kepala XO Vision
•    Digital Equipment Corporation DECserver 90L/90L+/90TL/90M
•    Kabel penyesuai 10-pin ke 7-pin Märklin 610479
•    Palam DIM 8-pin boleh dipasang pada soket 7-pin piawai

8-pin



•    Sony VISCA Camera Control
•    Apple Macintosh Serial Port
•    Allen-Bradley MicroLogix 1100 PLC
•    Port Pengawal NEC Turbo Duo
•    Multimedia Extension Connector
•    Penyambung video 8-pin ATI Radeon.
•    Penyambung MIDI port bersiri Roland lama (Mac/PC).
•    Sanyo/Fischer Camcorder A/V out (model lama)
•    Mitsubishi FX0 PLC
•    Penyambung papan kekunci/tetikus bersiri Sun Microsystems (3/80 melalui UltraSPARC).
•    Port bersiri Sun Microsystems SPARCstation IPC & IPX.
•    Port bersiri Sun Microsystems SPARCstation IPC & IPX Audio In/Out.
•    Directed Car Screens.
•    port bersiri dan I/O Neptune Systems Aquacontroller
•    Port antaramuka Yaesu CAT (Penghantar-terima bantuan komputer)
•    Kawalan jauh pemain CD Numark CDN25+G
•    Sambungan pembesar suara kiri Altec Lansing ADA885
•    Hewlett Packard ScanJet ADF (C5195)
•    Port Yaesu FT-450 TUNER (Panel belakang, 8-port TUNER pin di kiri tengah)

9-pin




•    Sega Mega Drive II / 32X
•    Tetikus Acorn Archimedes
•    Creative GigaWorks T40 (untuk Creative Docking Station X-30)
•    Pembesar suara Logitech Z-340
•    Pembesar suara Logitech Z-3e
•    Penyambung port Video In Video Out (VIVO) Nvidia dan ATI Technologies untuk kad video GeForce dan Radeon
•    Tetikus bas
•    Dension Gateway
•    Vizualogic Car Screens
•    Freebox HD (SCART ke Mini-Din 9 plus 2 RCA : merah putih)
•    Kam, cetronic and numark dule CD DJ decks
•    Input analog SCT XCAL2







D.    Speaker spring terminal
Terminal speaker adalah jenis konektor listrik sering digunakan untuk menghubungkan perlengkapan audio ke speaker atau amplifier. Terminal yang digunakan secara berpasangan dengan masing-masing kabel speaker dua kabel yang  terhubung ke satu terminal dalam pasangan. Karena kabel speaker yang terpolarisasi, terminal yang paling sering warna-kode sehingga kabel positif terhubung ke merah dan negatif ke terminal hitam.

Terminal terdiri dari pincher logam pegas yang akan terbuka bila tingkat ditekan, dan ketika dirilis erat akan pegangan konduktor yang telah dimasukkan ke dalamnya. Jenis terminal populer karena tidak memerlukan konektor khusus yang akan diterapkan pada ujung kawat; bukan kawat hanya dilucuti dari isolasi pada ujungnya dan dimasukkan ke terminal. Terminal ini dapat digunakan dengan berbagai alat pengukur kawat serta dengan baik inti padat atau kabel terdampar.

E. Speakon
The Speakon (kadang-kadang bergaya Speakon) adalah jenis konektor kabel, awalnya diproduksi oleh Neutrik, sebagian besar digunakan dalam sistem audio profesional untuk menghubungkan pengeras suara ke amplifier.

Nama Speakon adalah merek dagang terdaftar. [1] Produsen lain membuat produk yang kompatibel, [2] sering di bawah konektor memutar nama speaker.

Konektor Speakon dinilai untuk 30 RMS saat ini terus, lebih tinggi dari 1 / konektor 4-inch TS telepon, kunci twist dua kutub, dan konektor XLR untuk pengeras suara. Dibandingkan dengan colokan telepon standar, konektor Speakon juga memiliki keuntungan sebagai berikut: [3]

     Tidak mungkin kebingungan dengan mikrofon atau alat kabel rendah saat.
     Mereka mengunci ke rongganya dengan gerakan memutar, membuat mereka secara signifikan kurang rentan terhadap pemutusan dibandingkan colokan telepon standar.
     Mereka terlindung dari sentuhan manusia, mencegah sengatan listrik dari amplifier berkekuatan tinggi.
     Kontak tidak pendek keluar saat sambungan atau pemutusan. Hal ini dapat menjadi manfaat ketika bekerja dengan peralatan sound yang beroperasi.
     Wadah chassis yang kedap udara, sehingga tidak memberikan jalur kebocoran udara dari kandang speaker.

Sebuah konektor Speakon dirancang dengan sistem penguncian yang dapat dirancang untuk koneksi disolder atau sekrup-jenis. Konektor Line (perempuan) pasangan dengan konektor (laki-laki) panel dan biasanya kabel akan memiliki konektor identik di kedua ujungnya. Jika diperlukan untuk bergabung dengan kabel, coupler dapat digunakan (yang pada dasarnya terdiri dari dua konektor panel yang dipasang di ujung tabung plastik). Baru-baru ini produsen telah memperkenalkan sebuah seri baru yang disebut STX yang mencakup juga konektor garis laki-laki dan perempuan konektor panel (dalam empat-tiang dan versi delapan tiang saja).

Konektor Speakon dirancang untuk ambigu dalam penggunaannya dalam kabel speaker. Dengan jack dan koneksi XLR, adalah mungkin untuk menggunakan kabel mikrofon atau instrumen terlindung rendah saat dalam aplikasi speaker tinggi saat ini. Kabel Speakon dimaksudkan semata-mata untuk digunakan dalam aplikasi audio tinggi saat ini.

Konektor Speakon mengatur kontak mereka dalam dua cincin berturut-turut, dengan kontak batin bernama +1, +2, dll dan kontak luar bernama -1, -2, dll [4] Tahap konvensi adalah bahwa tegangan positif pada kontak + menyebabkan udara untuk menjauh dari speaker.

Konektor Speakon dibuat dalam dua, empat dan delapan tiang konfigurasi. Konektor baris dua kutub akan kawin dengan konektor panel empat tiang, menghubungkan ke +1 dan -1; tetapi kombinasi sebaliknya tidak akan bekerja. Konektor delapan tiang secara fisik lebih besar untuk mengakomodasi kutub tambahan. Konektor empat tiang adalah yang paling umum setidaknya dari ketersediaan siap pakai lead, karena memungkinkan untuk hal-hal seperti bi-amping (dua dari empat koneksi untuk sinyal-frekuensi yang lebih tinggi, dengan dua lainnya untuk di hilir yang sinyal frekuensi) tanpa dua kabel yang terpisah. Demikian pula, konektor delapan tiang dapat digunakan untuk tri-amping (dua kutub masing-masing untuk rendah, menengah dan frekuensi tinggi dengan dua terpakai), atau quad-amping (dua kutub masing-masing untuk tinggi, menengah, rendah dan sub).

Lain digunakan untuk kabel empat-kutub adalah untuk membawa dua saluran sinyal diperkuat dari amplifier untuk sepasang pengeras suara dengan menggunakan 'combiner' Y-lead terhubung ke dua saluran output, dan 'splitter' Y-lead untuk memberi makan pengeras suara. The 'combiner' dan 'splitter' Y-lead adalah sama:. Dua konektor dua kutub pada salah satu ujungnya, terhubung ke ± 1 dan ± 2 pin, masing-masing, dari konektor garis empat tiang di ujung lain [5 ] Beberapa amplifier dan mixer-amplifier dikonfigurasi untuk melakukan hal ini tanpa perlu untuk 'Kombinasi'.








DAFTAR PUSTAKA
lihat sumber 1
lihat sumber 2
lihat sumber 3
lihat sumber 4
lihat sumber 5

2 komentar:

  1. Casino Web site deccasino.com | Online Casinos, Roulette, Casino
    Play at the dafabet best online casinos in the world! Best casino web site for casino players with no restrictions 우리카지노 - No deposits required - 카지노사이트 Fast payouts & top

    BalasHapus